• Welcome to PETROLAB Services
  • Working Hours : Mon - Fri : 8:00 - 17:00

Kompatibilitas Minyak Transformator

kompatibilitas minyak trafo

Penambahan minyak transformator diperlukan pada kondisi-kondisi tertentu, misalnya terkadang saat setelah dilakukannya proses purifikasi, pengecekan internal pada transformator (Internal Inspection), atau saat level minyak pada trafo sudah dibawah batas normal dari level oil indicator pada transformator.

Terdapat hal yang perlu diperhatikan dalam menambahkan (topping up) minyak ke dalam transformator, yaitu minyak yang akan ditambahkan harus kompatibel dengan minyak yang ada di dalam transformator.

Minyak baru yang mempunyai klasifikasi yang sama (sesuai dengan IEC 60296) dengan minyak yang ada di dalam transformator (existing oil) dapat digunakan untuk menambahkan minyak ke dalam transformator. Akan tetapi, apabila minyak baru yang akan ditambahkan ke dalam transformator mempunyai perbedaan spesifikasi dari existing oil maka dibutuhkan uji kompatibilitas terhadap minyak baru tersebut dan minyak existing. Pengujian kompatibilitas minyak dibutuhkan karena jika campuran minyak tersebut tidak kompatibel maka akan berpotensi menghasilkan sludge yang akan mengganggu minyak untuk mendisipasikan panas di dalam transformator dan juga menurunkan kekuatan dielectric dari minyak transformator. Oleh karena itu, harus dipastikan hasil pengujian kompatibilitas minyak dari campuran minyak yang dilakukan adalah kompatibel.

Saat pengujian kompatibilitas, perbandingan campuran minyak, proporsi nya harus seusai dengan yang akan di aplikasikan. Apabila perbandingan antara minyak baru dan minyak existing tidak diketahui, disarankan untuk melakukan pengujian dengan perbandingan 50:50.

Pada pengujian kompatibilitas, campuran minyak dikatakan kompatibel adalah saat nilai-nilai dari pengujian pada campuran minyak tersebut tidak lebih rendah dari nilai-nilai terburuk dari masing-masing minyak. Parameter yang direkomendasikan untuk pengujian kompatibilitas ini (berdasarkan IEC 60422) adalah foaming, oxidation stability, dan corrosive sulphur. PT Petrolab Services dapat membatu untuk melihat karakter kompatibiltas tersebut untuk pengujian foaming dan corrosive suphur.

Setelah diketahui bahwa semua nilai hasil pengujian dari parameter-parameter pengujian kompatibiltas tidak lebih rendah dari nilai terburuk dari masing-masing minyak (minyak existing atau minyak baru), maka dapat dikatakan minyak tersebut kompatibel, tetapi untuk lebih meyakinkan terhadap kesimpulan tersebut disarankan berkonsultasi dengan pihak penyedia minyak tersebut dan pabrikan dari transformator tersebut.

Refferences :

  • IEC 60422, “Mineral Insulating Oils in Electrical Equipment-Supervision and Maintenance Guidance”, 2013.
  • IEC 60296, “Fluids for Electrotechnical Applications-Unised Mineral Insulating oils for  transformers and switchgear”, 2012