• Welcome to PETROLAB Services
  • Working Hours : Mon - Fri : 8:00 - 17:00

Analisa Furan Untuk Pemantauan Kondisi Solid Insulation Pada Transformer

analisa furan

Pada Oil-Immersed Transformator terdapat dua jenis isolasi, yakni minyak transformator (isolasi cair) dan paper insulation (solid insulation). Keduanya perlu dipantau secara rutin untuk memastikan ada atau tidaknya kondisi yang abnormal sehingga dapat dilakukan perencanaan tindakan untuk kedepannya untuk mengantisipasi hal-hal yang buruk terjadi.

Salah satu cara untuk memantau kondisi solid insulation pada transformator adalah melakukan pengujian Dissolved Gas Analysis (DGA), yakni dengan melihat kandungan carbon monoxide dan juga melihat combustible gas (hydrogen, methane, ethane, ethylene, dan acetylene). Namun, terdapat cara lain yang lebih “powerfull” yaitu pengujuan furan, hal tersebut disebabkan sumber timbulnya senyawa furan pada minyak transformator dominan berasal dari adanya dekomposisi pada paper insulation, sedangkan gas carbon monoxide dapat disebabkan karena okisdasi pada minyak isolasi. Oleh karena itu, kandungan furan juga dapat dijadikan sebagai tindakan lanjutan apabila ditemukan adanya indikasi dekomposisi yang abnormal pada paper insulation misalnya indikasi dari pengujian Dissolved Gas Analysis.

Lebih jelasnya, kandungan senyawa furan yang terlarut pada minyak transformator dapat digunakan untuk mengevaluasi ada atau tidaknya active fault atau dekomposisi kertas yang aktif. Selain itu, dengan menganalisis kandungan  senyawa furan pada minyak transformator maka dapat diperkirakan presentase sisa umur dari paper insulation. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menginterpretasikan senyawa-senyawa furan pada minyak transformator. Senyawa furan yang dapat dijadikan analisis diantaranya: 2-Furaldehyde, 2 Furfurol, 2-Acetylfuran, 5-Methyl-2-Furaldehyde, dan 5-Hydroxymethyl-2-Furaldehyde.

Melihat pentingya pemantauan kandungan furan pada minyak transformator, PT Petrolab Service dapat membantu pemilik oil-immersed transformator apabila ingin melakukan pengujian kandungan senyawa furan pada minyak transformator serta pemberian interpretasi dari hasil senyawa furan yang dihasilkan dari pengujain minyak transformator tersebut.

Sumber : SDMyers, “Transformer Management Essential”, 2018

Open chat
Hello..

Nama : ?
Perusahaan : ?
Kota : ?

Apa yang dapat PETROLAB penuhi akan kebutuhan Bapak/Ibu ?