• Welcome to PETROLAB Services
  • Working Hours : Mon - Fri : 8:00 - 17:00

Corrosive Sulphur pada Minyak Transformator

corrosive sulphur

Corrosive Sulphur pada Minyak Transformator, khususnya pada minyak mineral, adalah senyawa sulfur pada minyak transformator yang berpotensi membuat adanya proses korosi pada bagian-bagian di dalam transformator. Banyaknya kandungan sulfur pada minyak transformator tergantung dari tingkat proses refining dan tipe dari crude oil itu sendiri. Sulfur pada minyak transformator biasanya hadir dalam bentuk organo-sulphur atau elemental sulphur.

Pada suhu yang tinggi, sulfur yang terikat dengan molekul minyak dapat terdekomposisi dan bereaksi dengan senyawa metal dan membentuk metal sulphides. Salah satu contohnya adalah copper sulphide (CuS) yang mana senyawa tersebut dapat menurunkan kekuatan isolasi dari paper insulation pada transformator.

Salah satu pengujian untuk melihat potensi corrosivitas dari minyak transformator adalah dengan melakukan pengujian Corrosive Sulphur pada minyak transformator dengan menggunakan metode uji ASTM D 1275-15. Hasil dari pengujian tersebut adalah dengan melihat perubahan warna pada copper dari proses pengujian dan membandingkan dengan ASTM Copper Strip Corrosion Standards. Copper Strip yang telah diuji apabila memiliki warna >3b dibandingan dengan ASTM Copper Strip Corrosion Standards maka dianggap berstatus “corrosive” yang berarti potensi sulfur minyak trafo terhadap proses korosi harus diperhatikan. Sumber corrosive dapat dimungkinkan berasal dari :

  1. Temperature (suhu) : Suhu menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan terdekomposisinya senyawa sulfur pada molekul minyak transformator. Perlu dicatat pula minyak dengan suhu yang sama mungkin dapat memiliki perbedaan hasil tingkat corrosivitasnya, umur minyak transformator menjadi salah satu faktornya.
  2. Kontaminasi sulfur dari minyak OLTC ke main tank pada transformator.
  3. Kontaminasi dari proses purifikasi yang kurang baik.

Tindakan lanjutan yang diperlukan apabila terdapat minyak transformator berstatus “corrosive” adalah :

  1. Resampling untuk memastikan hasil pengujian corrosive sulphur.
  2. Lakukan pergantian minyak atau proses reklamasi yang tepat.
  3. Menambahkan passivator berupa senyawa turunan toluyltriazole.

Referensi :

  • IEC 60422, “Mineral insulating oils in electrical equipment-Supervision and maintenance guidance”, 2013
  • CIGRE Brocure 378, “Copper Sulphide In Transformer Insulation”, 2009
Open chat
Hello..

Nama : ?
Perusahaan : ?
Kota : ?

Apa yang dapat PETROLAB penuhi akan kebutuhan Bapak/Ibu ?