• Welcome to PETROLAB Services
  • Working Hours : Mon - Fri : 8:00 - 17:00

Pengukuran Intensitas Pencahayaan di Tempat Kerja dengan “Luxmeter”

lux meter

Sesuai SNI 7062:2019

Luxmeter adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengukur intensitas cahaya atau tingkat pencahayaan. Biasanya digunakan dalam ruangan. Kebutuhan pencahayaan setiap ruangan terkadang berbeda, semuanya tergantung dan disesuaikan dengan kegiatan yang dilakukan.

Dalam penerapannya, ada beberapa metode pengukuran yang harus diperhatikan :

  1. Persiapan pengukuran, diantaranya : memastikan baterai alat lux meter memiliki daya yang cukup untuk pengukuran dan alat luxmeter berfungsi dengan baik, memastikan luxmeter sudah terkalibrasi oleh laboratorium kalibrasi yang terakreditasi serta menyiapkan alat bantu ukur dimensi ruangan (meteran), formulir pengukuran dan denah tempat kerja yang akan diukur.
  2. Persyaratan pengukuran, yakni kondisi tempat kerja dalam keadaan sesuai dengan pekerjaan yang biasa dilakukan.
  3. Penerangan setempat dilakukan pada benda-benda, obyek kerja, peralatan atau mesin dan proses produksi serta area kerja tertentu. Penentuan titik pengukurannya sensor ditempatkan sejajar dengan permukaan objek dan pengukuran pada bidang vertikal. Jika pengukuran pada meja kerja dibagi menjadi 4 titik penempatan luxmeter dan pada stasiun kerja komputer berjarak 10 cm dari layar komputer.
  4. Penerangan umum; Jika luas ruangan kurang dari 50 m2 : jumlah titik pengukuran dihitung dengan mempertimbangkan bahwa 1 titik pengukuran mewakili area maksimal 3 m2. Titik pengukuran merupakan titik temu antara dua garis diagonal panjang dan lebar ruangan. Jika luas ruangan antara 50-100 m2 : Jumlah titik pengukuran minimal 25 titik, titik pengukuran merupakan titik temu antara dua garis diagonal panjang dan lebar ruangan dan jika luas ruangan lebih dari 100 m2 : Jumlah titik pengukuran minimal 36 titik, titik pengukuran merupakan titik temu antara dua garis diagonal panjang dan lebar ruangan.
  5. Ketinggian pengukuran pencahayaan umum adalah sensor alat berjarak 0.8 m dari lantai.
  6. Dan hal-hal lainnya adalah seperti petugas tidak menggunakan pakaian yang dapat memantulkan cahaya yang dapat mempengaruhi hasil pengukuran dan juga petugas memposisikan diri sedemikian rupa agar tidak menghalangi cahaya yang jatuh ke sensor luxmeter.

Sumber : SNI 7062:2019