Blog Single

22 Jun

PENANGANAN VARNISH YANG EFEKTIF PADA SISTEM LUBRIKASI TURBIN

Dalam beberapa tahun, terjadi kenaikan yang signifikan tentang masalah varnish pada sektor pembangkit listrik. Kenaikan ini terkait dengan temperatur operasi yang lebih tinggi, reservoir fluida dengan dimensi yang lebih kecil, siklus operasi yang lebih tinggi dan variatif.

Varnish biasa terbentuk pada area yang terpapar temperatur tinggi, seperti bearing, pompa atau filter pada line dengan laju aliran tinggi. Beberapa studi menemukan bahwa kontaminan terbentuk dalam larutan atau padatan terpisah. Padatan tersebut harus dipisahkan untuk menghindari pembentukan varnish lebih lanjut

Partikel kontaminan ini tidak bisa dihilangkan dengan filter mekanikal biasa atau filter elektrostatik. Kontaminan ini sifatnya polar dan menyerap pada objek dipolar, permukaan metalik dengan temperatur lebih rendah (dingin), seperti misalnya valve atau cooler. Kontaminan tersebut bisa pindah ketika temperatur pelumas berkurang selama keausan terjadi. Kontaminan ini juga memiliki thermal stability yang lebih rendah, sehingga akan cenderung menempel pada permukaan dingin/panas, misalnya journal bearing.

Berikut adalah beberapa konsekuensi akibat terbentuknya varnish :

  1. Komponen valve bisa lengket dan akan mengakibatkan kehilangan kontrol. Kondisi ini bisa berujung pada turbin trip atau gagal start.
  2. Blokade pada filter yang akan menyebabkan keterbatasan aliran pelumas. Imbasnya, temperatur pelumas meningkat, demikian juga halnya dengan keausan.
  3. Efektifitas heat exchanger menurun, yang juga akan menyebabkan kenaikan temperatur pelumas.
  4. Terbentuknya semacam lapisan pada permukaan bearing. Ini juga bisa mengakibatkan keterbatasan aliran, peningkatan temperatur dan keausan.
  5. Bertambahnya frekuensi penggantian pelumas dan flushing sistem.

Untuk menangani varnish, saat ini sudah tersedia tiga kategori solusi : purifikasi elektrostatis, cemical flushing/cleaning, dan penyerapan menggunakan media habis pakai (disposable). Yang terpenting dari penanganan varnish adalah bukan hanya membersihkan varnis dan deposit yang terbentuk, melainkan juga bagaimana untuk mengontol pembentukannya.

Related Posts

Open chat
Hello.. Apa yang dapat Kami informasikan untuk kebutuhan Bapak/Ibu ?