Blog Single

06 Mar

Purifikasi Oli Trafo

Purifikasi Oli Trafo merupakan suatu proses pemurnian oli trafo untuk mengurangi atau menghilangkan kontaminasi berupa partikel-partikel, kandungan air, kandungan gas dan kontaminasi fisik lainnya melalui alat yang disebut Transformer Oil Purification Plant.

Mengapa Oli Trafo harus dipurifikasi ?

Karena tujuan dari Purifikasi Oli Trafo adalah selain meningkatkan kinerja trafo yang berdampak dalam umur kerja trafo itu sendiri, juga dapat menekan anggaran pembelian, karena oli dapat dipakai hingga benar-benar tidak layak pakai.

Apa hubungan purifikasi dengan tegangan tembus ?

Dalam pengoperasian trafo, masalah tegangan merupakan faktor utama, sedangkan arus yang dihasilkan mengikuti design dari trafo itu sendiri. Untuk mengatasi masalah tegangan tersebut, yang harus dilihat adalah ketahanan / kekuatan dari isolatornya, yakni sistem pendingin yang menggunakan oli sebagai medianya, dimana indikatornya ditentukan oleh tegangan tembus dari oli tersebut.

Jika tegangan tembus turun, dapat menyebabkan flash over antar live part atau antara live part dengan ground / tangki, naiknya temperatur kerja dari trafo (over heating) dan turunnya tegangan isolasi. Apabila hal ini dibiarkan, maka akan berakibat “short circuit” yang dapat menyebabkan trafo meledak.

Jika perusahaan anda membutuhkan treatment oli trafo, Petrolab Services menyediakan Jasa Purifikasi beserta dengan pengujian kualitas oli trafo secara lengkap sesuai dengan standard IEC 60422.

Related Posts

Leave A Comment

Open chat
Hello.. Apa yang dapat Kami informasikan untuk kebutuhan Bapak/Ibu ?